Pentingnya Screening dengan “Ronsen Panoramik” untuk mendeteksi kelainan gigi dan mulut secara dini.

Depok. 21 Januari 2008: 17.05 WIB

Pengunjung Blog yang terhormat,

Pada posting kali ini, saya akan mencoba menjelaskan begitu pentingnya melakukan screening dengan menggunakan “Ronsen Panoramik” sebelum seorang Dokter Gigi melakukan tindakan medis. Apabila Anda tidak dalam keadaan hamil (bagi yang wanita) dan belum pernah dilakukan ronsen jenis ini selama hidup Anda, maka sebaiknya Anda melakukannya. Yah, tentu saja dengan meminta surat permintaan rujukan foto ronsen dari Dokter Gigi Anda.

Dalam Ronsen Panoramik ini akan terlihat susunan keseluruhan gigi dan hubungannya dengan struktur anatomis penting di sekitar gigi tersebut. Biasanya, saya selalu menganjurkan pasien saya yang berniat untuk mencabut giginya, untuk terlebih dahulu melakukan Ronsen Panoramik. Perlu Anda ketahui bahwa gigi yang terlihat di dalam mulut, sesungguhnya hanyalah merupakan 1/3saja dari gigi secara keseluruhan, sedangkan yang 2/3 bagian gigi yang tertanam di tulang rahang itu hanya dapat terlihat dengan bantuan Ronsen Panoramik.

Di dalam tulang rahang terdapat beberapa anatomi yang penting seperti adanyarumah syaraf yang berhubungan erat dengan akar gigi atas. Ronsen Panoramikini juga dapat mendeteksi adanya infeksi, kista, tumor dan berbagai kelainan di rongga mulut secara dua dimensi. Ronsen Panoramik ini relatif sederhana dan biayanya tidak terlalu mahal namun sangat membantu bagi pembuatan perencanaan perawatan gigi Anda.

Sekedar informasi bagi Anda yang berdomisili di sekitar Depok, tepatnya di RSU Bunda Depok yang terletak di Jalan Margonda Raya, sudah tersedia fasilitasRonsen Panoramik ini. Jadi, bagi pasien atau calon pasien yang berlokasi di Depok dan sekitarnya dapat melakukan Ronsen Panoramik di sana.

Sekian informasi dari saya dan semoga hal ini dapat membantu dan menambah pengetahuan Anda mengenai Ronsen Panoramik. Akhir kata saya ucapkan“Selamat mengunjungi Dokter Gigi Anda”.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *